Pelindung Tubuh Anak Saat Musim Sakit

Siapa yang nggak sedih (dan panik) pas anak sakit. Pilek dan batuk aja udah bikin kita banyak begadang karena anak-anak rewel. Belum lagi wabah DBD, typhus dan diare sedang menghantam Jakarta. Beberapa teman kerja suami kena DBD, Ibu mertuaku kena typhus, suamiku kena diare. Nggak jarang juga, aku dapat pertanyaan — vitamin anak apa yang paling baik di musim sakit kayak sekarang? Bukannya anti vitamin, tapi jujur dari sejak Sophia lahir, aku jarang ngasih Sophia vitamin (atau obat sekalipun). Meski dulu Sophia sempet agak kurus, vitamin penambah nafsu makan atau suplemen lainnyapun nggak pernah aku kasih. Aku ingin imun tubuhnya bekerja dengan sendirinya tanpa harus diboost dengan apapun.

Tapi sebagai ibu, pasti kita tetap merasa perlu untuk memberikan tambahan pelindung untuk tubuhnya — khususnya di musim sakit seperti sekarang ini. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan..

Sejak Sophia berusia 1 tahun, aku mencari tau makanan alami apa yang sekiranya dapat menjaga pertahanan tubuh dan imunnya. Akhirnya, aku memilih madu sebagai makanan alami yang dikonsumsi sehari-hari. Kenapa madu? Karena selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, madu adalah probiotik alami yang dapat menjaga kesehatan pencernaan anak. Bonusnya bagiku, Sophia suka sekali madu. Ia suka mengkonsumsi sekaligus proses meminumnya! “Buk, mau dong pake lipstik madu!” Hehehe.

Meskpun bakteri dan virus nggak dapat dihindari, tapi sebagai Ibu pasti ingin menjaga daya tahan tubuh anak-anak kita semaksimal mungkin. Minum madu setiap pagi setelah sarapan alhamdulillah dapat membantu Sophia lebih fit dan (bonusnya) sekaligus manambah nafsu makan. Sebagai Ibu, aku jadi lebih tenang karena vitaminnya berasal dari bahan alami.

Nggak ada merek madu spesifik yang dikonsumsi Sophia (dan keluarga kami). Aku pernah mencoba beberapa produk seperti Manuka Honey (dari New Zealand), Madu Uray dan lainnya — tapi menurutku khasiat yang aku rasakan sama. Jadi, silakan pilih yang sesuai dengan hati dan kantong aja ya!

~ Salsabila Maharani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.